Thursday 28 May 2015

Betet Ekor Panjang - Long-tailed parakeet

Betet Ekor Panjang - lonng- tailed Paraket ( Psittacula longicauda)
Betet Ekor Panjang  Psittacula longicauda (Boddaert, 1783) termasuk kedalam ordo Psittaciformes yaitu burung paruh bengkok bergenus Psittacula. ciri-ciri burung betet ekor panjang ini adalah berukuran  besar (40cm), ekor sangat panjang, topi dan dada hijau, Jantan: mahkota hijau, sisi-sisi kepala merah, ada garis hitam tebal mirip kumis, mantel biru pucat, ekor berujung kuning, dan sayap kebiruan. Betina: lebih buram, kumis kehijauan, tidak ada warna biru pada punggung ekor pendek. 

Sebaran burung Betet Ekor Panjang Ini meliputi Andaman, Nikobar, Semenanjung Malaysia, Sumatra, Riau, Natuna, dan Kalimantan, di Bengkulu sendiri burung betet ekor panjang ini dapat di jumpai di pulau Enggano, kabupaten Bengkulu Utara, sebaran betet ekor panjang di enggano masih cukup baik karena didukung oleh sumber pakan yang masih melimpah seperti buah-buah ficus, pisang dan pepaya. 



Status Konservasi masuk kedalam Daftar merah IUCN : Hampir Terancam (NT);
Perdagangan Internasional: Appendix II, dapat diperdagangkan dengan pengaturan tertentu. Di Pulau Enggano sendiri keberadaan burung Betet Ekor Panjang Ini juga mendapat ancaman yakni alih fungsi lahan seperti membuka hutan untuk dijadikan ladang pisang dan perburuan serta perdagangan Satwa liar.

No comments:

Post a Comment